Isi Waktu Senggang, Personel Satgas TMMD Ajarkan Penggunaan Hand Sanitizer ke Warga

SM/Pendim Kulonprogo - GUNAKAN HAND SANITIZER: Salah seorang personel Satgas TMMD mengajarkan cara mencuci tangan yang baik dan benar kepada warga setempat menggunakan cairan hand sanitizer di sela-sela pelaksanaan TMM Reguler ke-107 di Kalurahan Purwosari, Kapenewon Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Selasa (17/3).

KULONPROGO, SM Network – Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 yang diinisiasi Kodim 0731/Kulonproro di Kalurahan Purwosari, Kapenewon Girimulyo, berlangsung di tengah merebaknya virus korona di sejumlah tempat di Indonesia, tak terkecuali di DIY. Meski begitu, pelaksanaan program yang dahulunya bernama ABRI Masuk Desa itu tetap dilakukan dengan penyesuaian disejumlah tahapan.

“Tentunya harus tetap berjalan TMMD ini. Tapi kami lakukan penyesuaian. Misalnya personel Satgas TMMD dihimbau mengenakan masker saat bekerja. Lalu selalu membiasakan cuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer yang sudah disediakan di beberapa titik. Bahkan, beberapa personel Satgas juga membawa hand sanitizer di sakunya,” papar Komandan Satgas TMDD Reguler ke-107 Letkol Inf Dodit Susanto, Selasa (17/3).

Menurut Dodit, beberapa personel Satgas TMMD sengaja juga dibekali hand sanitizer secara mandiri di sakunya lebih pada sisi kepraktisan penggunaan semata.

“Namun ternyata ada guna lainnya juga. Banyak warga yang meminta disemprotkan hand sanitizer. Ya mau tak mau anggota kami memberikannya dan ini justru bagus karena kami bisa langsung mengajarkan ke warga setempat tentang cara mencuci tangan yang benar. Jadi setiap personel satgas sudah dibekali pengetahuan seperti itu. Di waktu senggang mereka bisa mengajarkan hal kebaikan seperti itulah” papar pria yang juga Dandim 0731/Kulonprogo itu.

Dodit mengaku, dalam setiap kali briefing di pagi hari sebelum para personel Satgas turun ke lokasi TMDD, para pimpinan masing-masing regu juga memberikan himbaun agar setiap personel Satgas untuk juga memperhatikan kesehatan serta kebersihan pribadi masing-masing. Sebab, pencegahan virus Covid-19 ini dengan mudah adalah menjaga kebersihan pribadi. Termasuk mengecek suhu tubuh setiap personel untuk mengantisipasi suhu tubuh yang masuk dalam kategori tertular korona.

“Hal itu selalu kami berikan kepada anak-anak di lapangan. Jadi bagaimana bekerja tidak perlu khawatir dan panik. Kalau sakit, sudah ada pos kesehatan. Segera periksakan diri. Himbauan ini juga berlaku untuk masyarakat sekitar,” tuturnya.

Pemahaman akan masalah kesehatan, lanjut Dandim, perlu dilakukannya kepada mereka yang ada di lapangan karena secara tak langsung pihaknya dituntut menyelesaikan sejumlah sasaran fisik dan nonfisik selama TMMD. Padahal, cuaca yang tak menentu dan adanya virus korona mengiringi pelaksanaan TMMD yang dimulai 16 Maret hingga 14 April mendatang.

“Ini justru menjadi tantangan bagi kami untuk selalu bekerja keras  melaksanakan tugas. Selain itu memberi motivasi semangat bagi personil yang terlibat dalam TMMD dan menyemangati masyarakat wilayah dalam pelaksanaannya,” tandas Dandim.


Gading Persada

Pos terkait

Tinggalkan Balasan