Hary Agung Jabat Sekda Temanggung

SM/Raditia Yoni Ariya BERI SELAMAT: Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo memberikan ucapan selamat kepada Hary Agung Prabowo selaku pejabat Sekda definitif usai dilantik di Pendapa Pengayoman, Rabu (4/3) malam.

TEMANGGUNG, SM Network – Setelah melalui lika-liku perjalanan panjang, proses pemilihan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Temanggung akhirnya mencapai titik temu. Dari tiga nama akhirnya Hary Agung Prabowo terpilih menjadi orang nomor satu di jajaran ASN di Pemkab Temanggung untuk menjadi nahkoda.

Dia pun langsung mendapat mandat untuk menjaga hubungan baik Bupati dan Wakil Bupati. Posisi Sekda sendiri telah kosong selama dua tahun terakhir sejak Sekda Bambang Arochman memasuki masa pensiun. Namun, kala itu karena tidak ada satupun pejabat di Temanggung yang memenuhi syarat maka jabatan Sekda kosong dalam waktu panjang.

Bahkan, proses pemilihan pun dari sisi dinamika cukup alot sampai melalui proses dua kali seleksi hingga muncul enam kandidat. Dari enam orang mengerucut menjadi tiga besar, yakni Agus Munadi (Kepala Satpol PP dan Damkar), Hary Agung Prabowo (Asisten Perekonomian dan Pembangunan), dan Ngumarudin Bagus Pinuntun (Sekretaris DPRD Kabupaten Temanggung).

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan, pemilihan pejabat sekda telah dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan. Prosesnya juga telah dilewati semua sehingga muncul rekomendasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk melaksanakan pelantikan.

“Atas nama pribadi serta seluruh jajaran Pemkab Temanggung saya berharap sekda yang baru saja dilantik nantinya dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya untuk memajukan perikehidupan bermasyarakat dan bernegara di Kabupaten Temanggung. Bapak Agung saya harap untuk bisa menjaga dan ikut memelihara hubungan baik antara Bupati dan Wakil Bupati,”ujar Hadik.

Dikatakan, jabatan sekda ini merupakan jabatan yang strategis antara lain memegang fungsi koordinatif dan motor penggerak perangkat daerah. Maka harus cepat dalam membaca dinamika yang berkembang di masyarakat terutama untuk mempersiapkan mengintegrasikan segala potensi guna mendukung setiap kebijakan seluruh institusi pemerintah kabupaten baik internal maupun eksternal.

“Jalankan tugas sebaik-baiknya, harus bisa memegang fungsi koordinasi, menjaga komunikasi, berkolaborasi dengan semua stakeholder baik dengan sesama organisasi perangkat daerah, masyarakat, organisasi-organisasi kemasyarakatan, DPRD, pimpinan DPRD, instansi vertikal, Forkompimda, Pemprov, pemerintah pusat. Juga saya harap untuk selalu menjaga komunikasi, koordinasi dan sinergi serta kolaborasi yang terbaik kepada bupati dan kepada wakil bupati,”katanya.

Sementara Agung Prabowo pun mengaku siap menjalankan tugasnya sebagai Sekda. Baginya jabatan ini adalah amanah dan merupakan pembantu bagi Bupati dan Wakil Bupati, serta merupakan pelayan administrasi.


Raditia Yoni A

Pos terkait

Tinggalkan Balasan